Penting! Permainan Anak Yang Mendidik Membuat Anak Produktif

Peran orangtua sangat dibutuhkan agar anak bisa lepas dari dagdet. Sebaiknya orang tua bisa menyenangkan anak dengan memberikan permainan anak yang mendidik

AnakBoks - Sebagai orang tua yang tinggal di jaman milenial, penting untuk memberikan edukasi tentang pengurangan penggunaan gadget yang sedang marak di gunakan oleh anak-anak.  Sebenarnya, gadget memiliki dampak positif dan dampak negatif. Sebelum kita menuju pada pembahasan permainan anak yang mendidik, mari kita simak  dampak positif dan dampak negative dari  gadget itu sendiri. 

Menurut Wikipedia, gadget adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Gadget secara singkat memiliki arti sebuah barang elektronik yang dapat membantu atau mempermudah kegiatan manusia. 

Dampak Positif gadget adalah  :

  1. Anak dapat belajar dari konten edukatif yang dia lihat. Konten ini adalah termasuk pemainan edukatif yang mampu merangsang otak anak, atau pelajaran dasar yang menarik. Karena pada beberapa anak, ada yang cepat bosan apabila belajar yang berfokus pada buku saja.
  2. Anak mampu mengikuti perkembangan teknoloigi. Secara tidak langusng, anak menjadi tanggap akan perkembangan teknologi, karena kesehariannya yang menggunakan gadget saat beraktifitas.
  3. Melatih fungsi otak. Ketika anak bermain gadget, kordinasi mata dan tangan anak menjadi terlatih sehingga baik untuk perkembangan motorik anak.

Dampak Negatif Gadget adalah :

  1. Radiasi. Bahaya akan paparan radiasi untuk kesehatan dan perkembangan anak sangatlah beresiko. Radiasi gadget dapat mengakibatkan kerusakan otak anak , tumbuh kembang anak dan system imun anak.
  2. Lambat memahami pelajaran. Anak yang sering bermain gadget cenderung malas belajar dan lambat memahami pelajaran.
  3. Resiko pada perkembangan psikologis anak. Hal ini di sebabkan karena anak cenderung mengikuti apa yang mereka lihat. Apabila anak sering melihat konten kekerasan yang dia lihat pada gadget, tidak menutup kemungkinan bahwa anak akan mengikuti adegan kekerasan itu juga.

Itulah dampak positif dan negatif yang mampu kami rangkum. Ada baiknya orang tua meminimalisir agar penggunaan gadget pada anak tidak berlebihan dengan cara: 

  1. Batasi waktu anak dalam bermain gadget agar tidak berlebihan
  2. Ajak anak bersosialisasi dengan teman-temannya. 
  3. Sibukkan anak dengan aktifitas mendidik agar lebih produktif sehingga anak lupa akan gadget.

Peran orang tua sangat penting untuk dapat menjauhkan anak dari gadget. Diantaranya adalah memperkenalkan permainan anak yang mendidik. Bermain sambil  belajar adalah salah satu upaya agar anak tertarik akan kegiatan produktif selain bermain gadget, sehingga lambat laun anak bisa terlepas dari gadget tersebut.

Berikut ini, kami lansir beberapa permainan anak yang mendidik sebagai referensi bagi seluruh orangtua yang membaca artikel ini.

Daftar Permainan Anak Yang Mendidik Yang Patut Orang tua Coba !

  1. Petak umpet

Bermain petak umpet dengan anak selain menyenangkan ternyata mampu melatih daya pikir anak. Karena pada permainan petak umpet, anak dilatih kesabaran, dilatih bekerjasama, dan melatih berhitung.

  1. Kelereng

Permainan anak ini mengasah otak untuk fokus. Karena pada permainan kelereng, kita di latih untuk memperkirakan lemparan kelereng sebelum dilempar ke targetnya.

  1. Lampu merah, lampu hijau

Permainan ini di adaptasi dari film squid game dimana permainannya memerlukan konsentrasi, karena apabila penjaga berteriak lampu merah, kita sebagai pemain harus berhenti. Dan ketika penjaga berteriak lampu hijau, maka pemain harus jalan menghampiri si penjaga. Hal ini sangat baik untuk anak karena melatih konsentrasi anak dan melatih motorik anak.

  1. Puzzle 

Permainan anak yang mendidik satu ini sangat direkomndasikan, karena dengan anak menyusun puzzle otak anak akan terstimulasi dengan baik. Bermain puzzle juga melatih motorik anak, karena anak akan mengambil, memegang dan memasanga ng potongan puzzle tersebut, lalu permainan puzzle ini juga melatih konsentrasi anak, serta merangsang saraf si anak untukn lebih fokus.

  1. Balok

Permainan balok adalah salah satu permainan yang mendidik lainnya, karena dengan memainkan balok ini, anak berlatih untuk sabar dan menjaga keseimbangan dengan baik agar balok tersebutu tidak jatuh. Permainan menyusun balok juga mengasah imajinasi anak sehingga anak dapat mengeksplor imajinasinya dengan baik.

  1. Kursi music

Permainan kursi musik adalah permainan yang akan mengasah kemampuan fokus anak dan kecepatan berfikir anak. Karena dalam permainan ini apabila musik menyala, anak harus menari memutari bangku. Sedangkan napabila musik berhenti, anak harus dengan cepat duduk di bangku yang di sediakan. Jumlah bangku lebih sedikit daripada jumlah anak yang memainkannya. Sehingga anak harus lebih berkonsentrasi agar dapat duduk di bangku yang sudah disediakan.

  1. Permainan menyortir

Permainan anak yang mendidik satu ini manfaatnya bisa dapat langsung di rasakan. Karena permainan menyortir bisa kita ajarkan dengan salah satunya meyortir mainannya sendiri ke dalam kotak penyimpanan. Sehingga permainan menyortir ini mempunyai manfaat untuk membuat anak lebih bertanggung jawab .

  1. Tebak tebakan

Permainan seru ini dapat dilakukan dengan tebakan yang sederhana agar anak mampu menjawab pertanyaan yang di tanyakan. Manfaatnya adalah meningkatkan daya pikir anak sehingga fungsi otak anak meningkat.

  1. Bermain musik

Ajarkan anak permainan musik agar saraf motorik mereka seimbang dan bermain musik dengan anak juga dapat membuat kenangan indah loh bunda.

  1. Olahraga 

Yang terakhir adalah olahraga. Ajak anak anda melakukan kegiatan fisik seperti olahraga lari, dan bersepeda. Karena dengan olahraga yang sederhanapun dapat melatih motorik dan membantu anak untuk dapat bergerak aktif.

  1. Menggambar bersama

Menggambar adalah salah satu cara untuk mengembangkan imajinasi anak. Dan secara tidak langsung anak akan belajar mengenal warna. Cara ini juga ampuh untuk menjauhkan anak dari dagdet.

Itulah beberapa permainan yang mendidik juga menyenangkan. Di harapkan dengan adanya permainan di atas, anak menjadi lebih produktif, sehingga dapat mengurangi bahkan membuat anak jauh akan gadget. Memang tidak mudah untuk melepaskan anak dari gadget, namun jangan lelah untuk mencoba ya.

Disamping itu bounding antara ibu dan anak juga bisa menjadi lebih erat. Peran orangtua sangat dibutuhkan agar anak bisa lepas dari dagdet. Sebaiknya para orang tua lebih bisa menyenangkan anak dengan memberikan permainan anak yang mendidik, agar bisa belajar sambil bermain. Dan juga anak dapat mengenang momen indah bersama orang tuanya, ini menjadi poin penting karena untuk terbentuknya anak yang bahagia haruslah anak mempunyai psikologi yang sehat. Dari segi kesehatan mental orang tuapun sangat baik, bermain dengan anak bisa menjadi salah satu pelepas lelah sehabis bekerja. Sehingga, sedikit lebihnya orang tua akan lebih bahagia jika bermain dengan anaknya. Tidak kalah pentingya untuk mengingat, membuat anak sehat secara fisik dan mental memerlukan orang tua yang bahagia. Maka, jangan lupa bahagia ya, sehatkan mental kita sebagai orangtua dan anak secara bersamaan untuk masa depan anak yang lebih baik.