Inilah Permainan Anak Tradisional Yang Sangat Bermanfaat Bagi Si Kecil

Segera bergabung dengan BOKS Indonesia, gratis tidak dipungut biaya sepeserpun, anda akan diajari banyak hal tentang permainan anak yang mendidik

AnakBoks - Pengaruh teknologi ternyata memberikan dampak yang besar pada tumbuh kembang anak saat ini, termasuk diantaranya adalah banyaknya anak-anak yang kecanduan gadget, mereka menjadi malas untuk bergaul dengan lingkungan sosial dan menjadi kurang aktif. Itulah mengapa orang tua memegang peran yang sangat penting dalam mendidik buah hati, termasuk diantaranya adalah sedini mungkin harus lebih selektif dalam memberikan permainan anak yang tepat bagi mereka.

Manfaat Bermain Untuk Anak

Di usianya yang masih dini memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya buah hati Anda butuh untuk lebih banyak bergerak, menghabiskan banyak waktunya untuk bermain dengan teman-teman sebaya, tidak hanya berdiam diri di rumah saja. Ini sebenarnya termasuk kedalam proses atau tahap mereka untuk belajar lebih banyak hal dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Bermain ini sendiri sebenarnya memberikan begitu banyak manfaat kepada buah hati, diantaranya adalah:

  1. Merangsang perkembangan kognitif, diantara fungsi atau manfaat utama bermain tak lain adalah membantu untuk merangsang perkembangan kognitif buah hati Anda, membantu mereka untuk memahami hal-hal yang ada di sekitarnya. Karena pada dasarnya ketika buah hati pertama kali dilahirkan mereka sudah membawa 100 trilyun sel otak atau neuron, dimana jika dirangsang dengan baik akan membantu perkembangannya.
  1. Meningkatkan kecerdasan, manfaat yang selanjutnya dengan bermain juga akan sangat membantu dalam meningkatkan kecerdasan buah hati. Bahkan sebuah study juga pernah melakukan penelitian, bahwa ternyata memberikan mainan kepada bayi efektif untuk meningkatkan IQ mereka.
  1. Mengasah kreatifitas, ketika mengajak anak bermain maka mereka akan belajar banyak hal, sehingga hal ini bagus untuk meningkatkan kreatifitas yang dimiliki. Karena dapat prosesnya akan banyak terbentuk ide-ide baru di otak buah hati Anda.
  1. Mengasah kemampuan berkomunikasi, khususnya adalah dalam hal bahasa sendiri, karena dengan bermain mereka akan lebih mengenal nama-nama benda, sehingga lebih banyak kosa kata yang nantinya akan tersimpan di dalam otak si kecil.
  1. Melatih pengendalian diri, menjadikan anak lebih sabar, apalagi jika seandainya mereka bermain bersama dengan teman sebaya, karena bagaimanapun harus mau untuk menunggu gilirannya. Hal ini membantu mereka mengendalikan emosi negatif yang dimiliki.
  1. Dapat meningkatkan kemampuan sosial serta emosional, apalagi jika mereka bermain dengan teman sebaya, tentu akan belajar juga untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain di sekitarnya.

Ragam Jenis Permainan Anak Tradisional Yang Bagus Untuk Kecerdasan

Dari sekian banyak jenis permainan untuk buah hati, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan permainan tradisional bukan. Ini adalah permainan yang sudah sejak dulu ada, meskipun semakin kesini sudah mulai tergerus oleh perkembangan teknologi, karena ada banyak diantaranya yang sudah hilang. Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis permainan tradisional yang ternyata sangat bagus untuk buah hati, yaitu:

  1. Puzzle, tentunya sudah mengenal permainan yang satu ini dengan baik bukan, menyusun puzzle ini ternyata punya banyak manfaat baik bagi buah hati, tidak lain adalah melatih kecerdasan otak mereka, serta bagus untuk saraf motorik.
  1. Petak umpet, ini adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan cara ada yang jaga dan yang lainnya bersembunyi. Biasanya ideal dimainkan antara 4 hingga 6 orang. Bagus untuk membantu kemampuan penyelesaian masalah mereka serta untuk melatih daya ingat.
  1. Kelereng, permainan yang satu ini nyatanya sangatlah mendidik dan mampu untuk melatih kemampuan motorik buah hati , kognitif hingga pengendalian emosi. Permainan yang satu ini dapat dimainkan setidaknya atau minimal 2 orang, lebih banyak tentunya akan lebih baik lagi.
  1. Freeze dance, dikenal juga sebagai permainan anak menari dan mematung, sehingga nantinya ada satu yang bernyanyi, kemudian yang lainnya menarik dan mematung ketika lagu berhenti. Paling pas dimainkan dengan banyak anak atau peserta. Manfaat yang diberikan oleh permainan yang satu ini juga sangat banyak seperti untuk mengasah konsentrasi, gerak tubuh hingga emosi.
  1. Congklak, umumnya dimainkan oleh 2 orang anak, disini kemampuan layaknya matematis sangat diperlukan, sehingga lebih pas dimainkan oleh anak yang sudah agak dewasa, karena melibatkan perhitungan angka.

Tips Bagi Orang Tua Dalam Memantau Aktivitas Bermain Anak

Orang tua sebenarnya juga punya peran penting untuk memantau ketika buah hati sedang bermain. Apalagi sebenarnya tidak semua permainan anak yang mereka mainkan tersebut semuanya aman, tidak jarang juga yang beresiko, termasuk juga jangan sampai nantinya karena keasyikan bermain maka buah hati sampai lupa waktu, berikut ini ada beberapa tipsnya, yaitu:

  1. Pastikan untuk mengetahui dengan siapa mereka bermain, alangkah lebih baiknya jika buah hati bermain dengan anak yang sebaya atau sepantaran, biasanya akan lebih mengurangi resiko konflik yang mungkin saja terjadi.
  1. Pastikan permainan yang mereka mainkan tersebut aman, langkah selanjutnya yang juga tidak kalah penting, sebagai orang tua maka Anda juga harus memastikan, bahwa apa yang dimainkan oleh buah hati tersebut termasuk aman, khususnya adalah mainan yang digunakan, tidak memicu masalah atau resiko bagi mereka.
  1. Perhatikan durasi anak bermain, orang tua juga harus selalu tanggap dengan jadwal buah hati, meskipun pada dasarnya bermain termasuk rutinitas penting yang harus melakukan lakukan apalagi seusianya, namun jangan sampai hal tersebut jadi berlebihan untuk si kecil, sehingga melupakan jadwal yang lainnya, seperti untuk tidur siang, belajar dan sebagainya.
  1. Jangan ragu untuk menegur buah hati jika seandainya mereka sudah keterlaluan dengan teman bermainnya, karena bagaimanapun disini mereka juga sedang belajar untuk bersosialisasi dengan teman sebaya.

Yuk Gabung Dengan BOKS Indonesia 

Wahana Visi Indonesia juga menawarkan sebuah program menarik dengan judul BOKS Indonesia, yaitu sebuah program yang memungkinkan siapa saja untuk daftar kesana dan ikut bergabung menjadi pelatih, disini nantinya Anda akan diajarkan dengan banyak ilmu yang bermanfaat terkait dengan mendidik atau memberikan pelatihan bagi anak-anak khususnya melalui aktivitas bermain yang mereka lakukan.

Untuk bisa bergabung kesini nyatanya juga gratis tidak dipungut biaya sepeserpun, Anda akan diajari banyak hal tentang permainan anak yang mendidik, bisa daftarkan lembaga seperti sekolah, rumah tangga maupun juga organisasi pemuda, bisa diikuti oleh segala usia. Sudah banyak yang bergabung kesini, sehingga tak perlu ragu menjadi bagian dari mereka, karena akan ada begitu banyak ilmu yang nantinya bisa didapatkan. 

Ini termasuk sebagai program baru, sehingga belum banyak yang mengetahuinya. Namun ditargetkan bisa menjangkau lebih banyak anak serta membiasakan mereka untuk beraktivitas fisik serta mengonsumsi makanan sehat yang memang dibutuhkan untuk tubuh. Untuk informasi yang lebih lengkapnya, maka Anda dapat langsung cek di website resmi mereka, bisa sekalian mendaftarkan diri juga, karena syarat dan ketentuannya mudah, tinggal ikuti saja langkah-langah yang diberikan disana.