Jenis Olahraga Anak Yang Membuat Bersemangat dan Bahagia

Olahraga apa sih yang cocok untuk anak dan apa saja manfaat olahraga untuk anak? Mari kita simak jenis olahraga anak yang dapat dicoba para orang tua dirumah

AnakBoks - Seluruh orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan aktif, selain mencukupi gizi hariannya, orang tua juga wajib memantau tumbuh kembangnya. Anak yang sehat berarti dia mempunyai gizi yang cukup, aktif bermain dan selalu bersemangat serta bergembira. Lalu apa saja sih yang membuat anak bersemangat dan bergembira?

Ternyata, penentu sebuah kebahagiaan adalah mental, fisik, serta kebiasaan  kita sendiri yang menumbuhkan rasa kebahagiaan itu sendiri, maka dari itu penting untuk kita sebagai orangtua menciptakan suatu keadaan yang membuat anak menjadi pribadi yang bahagia. Berikut ini kami rangkum beberapa  hal yang membuat anak bisa lebih bahagia, yaitu:

  1. Ajarkan Anak Kebiasaan yang Positif

Pada dasarnya, kita akan bahagia ketika diri kita diliputi oleh energi yang positif. Anak biasanya akan mengikuti kebiasaan orang tuanya sehari-hari. Maka sangat wajib untuk kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang positif setiap harinya agar anak juga bisa meniru kebiasan positif kita. Contoh kebiasaan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari ialah membiasakan berbicara menggunakan bahasa yang baik dan sopan, menunjukan rasa syukur terhadap apa yang sudah tuhan beri, menunjukan kita menghargai segala sesuatu dari yang kecil hingga besar dan sebagainya. Hal ini di harapkan agar anak dapat mengerti sehingga anak dengan mudah meniru kebiasaan positif yang telah di lakukan oleh orang tuanya. 

  1. Menerima Segala Emosi

Menjadi pribadi yang bahagia bukan berarti harus selalu bahagia tiap hari. Ketika seorang anak sedang bersedih, orangtua wajib memberi arahan untuk mengeluarkan semua emosi sedih atau marah yang sedang di hadapi anak. Sehingga kedepannya anak akan lebih mudah menghadapi setiap emosi yang ada. Karena ketika kita sudah meluapkan emosi, ketenangan dan aura positif akan kembali kita rasakan.

  1. Tertawa

Cara ini sangat ampuh untuk membuat anak menjadi bahagia. Lakukan kegiatan yang seru dan asik untuk menciptakan momen lucu sehingga anda dan anak bisa tertawa bersama dan berbahagia bersama.

  1. Melakukan Olahraga Bersama 

Olahraga juga menjadi salah satu hal yang dapat membuat anak merasa bersemangat dan bahagia loh, karena dengan berolahraga orang tua dan anak mempunyai kegiatan bersama. Lalu olahraga apa sih yang cocok untuk anak dan apa saja manfaat olahraga untuk anak?  Mari kita simak jenis olahraga anak:

7 Jenis Olahraga Anak Yang Perlu Dicoba !

  1. Lompat Trampolin

Lompat trampolin adalah kegiatan olahraga yang sangat menyenagkan. Sambil melompat riang si Kecil akan merasakan angin berhembus dan mendapatkan asupan vitamin D jika bermain antara pukul 10.00-15.00. Selain asupan vitamin D, dengan bermain trampolin si Kecil akan memiliki otot inti, kaki, punggung, dan pantat yang lebih kuat. Kemampuan si kecil untuk menyeimbangkan tubuh juga akan meningkat dengan bermain trampolin.

  1. Balancing Bike

Jenis Olahraga Anak ini sudah dapat dilakukan untuk anak yang sudah berusia 18 bulan atau lebih. Sesuai namanya, olahraga ini menggunakan sepeda sebagai alatnya. Olahraga ini melatih keseimbangan anak dan kekuatan otot kaki karena balancing bike tidak menggunakan pedal untuk pengoprasiannya. 

  1. Gymnastic

Jenis Olahraga Anak lain yang bisa dicoba dan  lakukan bersama anak adalah gymnastic. Selain menyenangkan, olahraga satu ini akan melatih kelincahan, kelenturan, kekuatan, keseimbangan, stamina, dan ketepatan gerak. Jika tubuh kita sebagai orang tua dalam kondisi fit dan fleksibel, tentu saja memberikan contoh secara langsung dan bermain bersama anak akan sangat menyenangkan. Namun, jika sedang tidak dalam kondisi tubuh yang fit, kita dapat memutar video gymnastic dan biarkan si Kecil bereksplorasi dengan tubuhnya mengikuti apa yang dilihat. Sehingga kita hanya perlu terus mengawasi si Kecil dan segera memberikan bantuan jika ia berada pada posisi tubuh yang berpotensi menimbulkan cedera.

  1. Inline skate / sepatu roda

Inline skate sangat seru untuk anak, anak akan bergerak lebih aktif tanpa membuatnya terlalu lelah.  Permainan inline skate/ sepatu roda ini sangat membantu untuk meningkatkan keseimbangan dan control tubuh yang baik. Jenis Olahraga Anak  ini membuat ketahanan dan kekuatan otot anak meningkat dan meningkatkan fleksibelitas tubuh yang tinggi. Ketika anak sudah mahir memainkannya, orangtua bisa memberi tantangan seperti arena zig-zag atau semacamnya agar permainan lebih menyenagnkan. Jangan lupa memakai pelindung tubuh secara lengkap ya, karena permainan ini mempunyai banyak kemungkinan untuk anak terjatuh dalam melatih keseimbangannya.

  1. Lari 

Ajak anak berlari atau hanya sekedar bermain sambil berlari-lari kecil mampu melatih motorik kasar anak. Ajak juga anak bermain di atas rumput agar saraf kecil di kakinya terstimulasi  sehingga membantu dan mendukung perkembangan otak. Ajak anak untuk lomba lari bersama anda, karena lomba lari mengajarkan anak untuk menghadapi persaingan secara sehat dan mengajarkan anak untuk terus berjuang untuk mencapai tujuan.

  1. Berenang

Berenang merupakan Jenis Olahraga Anak yang hampir disukai semua anak. Berenang merupakan salah satu olahraga kardio yang menyenangkan dan membuat anak tidak mudah lelah. Olahraga ini membuat seluruh otot tubuh anak bekerja, sehingga otot anak semakin menguat begitu juga untuk jantung dan paru-paru anak menjadi lebih sehat. Oh iya, jika berenang ini di rutinkan, akan mampu meningkatkan indra peraba anak dan mampu menstimulasi tinggi badan anak lho.

  1. Sepak bola

Ajak anak bermain sepak bola. Cukup orang tua dan anak saja sudah bisa membuat anak bahagia loh, karena bermain bola sangat menyenangkan untuk anak. Anak dapat melakukan banyak kegiatan seperti berjalan, berlari, menendang, dan mengiring bola. Yang secara tidak langsung ini akan membantu dalam pengembangan koordinasi tubuh, kemampuan bekerja sama dalam tim dan mampu berkonsentrasi.

Manfaat Yang di Dapat Dari Melakukan Jenis Olahraga Anak

  1. Menguragi obesitas

Obesitas pada anak banyak terjadi karena kuirangnya perhatian orang tua dalam memberikan makanan kepada anak, salah satu cara mengurangi obesitas pada anak adalah dengan berolahraga.

  1. Merangsang pertumbuhan tulang

Pada masa anak-anak, tulang sedang dalam kondisi pertumbuhan, apabila Jenis Olahraga Anak yeng direkomendasikan diatas dilakukan secara rutin, pertumbuhan tulang akan terangsang dengan baik. Sehingga anak bisa mencapai tinggi tubuh yang ideal.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Berenang dan bersepeda terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung loh, rutin berenang dan bersepeda akan mengurani anak dari resiko penyakit jantung koroner ketika dewasa.

  1. Meningkatkan fungsi kerja otak

Beberapa penelitian membuktikan bahwa rutin berolahraga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kecerdasan secara signifikan pada anak. Anak yang sering berolahraga akan membuat otak bagian prefrontal yang bertanggung jawab mengatur fungsi kognitif menjadi lebih aktif. Di samping itu, olahraga anak juga dapat melatih fokus dan konsentrasi pada anak-anak.

  1. Melatih kekuatan otot dan koordinasi

Anak-anak membutuhkan kekuatan otot yang baik untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dan motorik halusnya. manfaat Jenis Olahraga Anak diatas juga dapat melatih kemampuan koordinasi. Memiliki koordinasi yang baik penting bagi anak agar fokus terhadap suatu pekerjaan.

  1. Menurunkan resiko diabetes

Hal ini dikarenakan saat berolahraga, otot membutuhkan banyak energi sehingga tubuh akan melepaskan gula atau glukosa dalam jumlah besar. Bagi Anak yang memiliki risiko diabetes, maka berolahraga secara rutin akan membantu insulin bekerja lebih baik sehingga kadar gula darahnya akan lebih stabil.

Itu semua yang dapat kami rangkum untuk jenis olahraga anak serta manfaat dari olahraga itu sendiri. Jangan lupa olahraga, salam sehat.