Ragam Jenis Olahraga Anak Yang Aman Dan Bermanfaat Untuk Mereka

Segera bergabung dengan kami, karena akan ada banyak ilmu yang dipelajari dari sini, seperti olahraga anak sampai dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya

AnakBoks - Sebagai orang tua pastinya Anda sadar bahwa membesarkan anak, apalagi di era digital seperti saat ini pastinya bukan perkara yang mudah bukan. Karena di zaman sekarang faktanya lebih banyak anak yang lebih suka bermain dengan perangkat teknologi atau gadget mereka, jika dibandingkan bermain bersama dengan teman-teman sebayanya. Jika dibiarkan tentunya dampaknya juga kurang bagus, mereka jadi kurang aktif. Itulah mengapa penting sedini mungkin untuk mengajarkan olahraga anak.

Usia Yang Pas Untuk Membangun Kebiasaan Olahraga Untuk Anak

Di zaman dahulu anak-anak aktif untuk bergerak saat bermain, namun berbeda halnya dengan sekarang, karena kebanyakan sudah asik dengan gadget mereka masing-masing, sehingga bahkan malas untuk keluar rumah dan lebih senang menyendiri. Jika dibiarkan mungkin tidak harus menunggu usia tua mereka sudah sakit-sakitan. Bahkan mungkin penyakit yang menyerang termasuk masalah kesehatan fatal. Sehingga penting sekali untuk mulai membangun kebiasaan olahraga pada si kecil ini.

Lalu sebenarnya usia berapakah yang paling pas untuk mengajarkan anak tentang pentingnya olahraga? Sebenarnya sejak bayi hingga dewasa mereka membutuhkan kegiatan fisik, yaitu minimal selama 60 menit setiap harinya. Sedangkan untuk aktivitas yang mengasah otot sendiri dapat dilakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu. Tentunya jenis olahraga yang dipilih bisa disesuaikan dengan tumbuh kembang buah hati tersebut, tidak harus dipaksakan jika mereka tidak menyukainya.

Biasanya untuk membiasakan mengajarkan olahraga anak ini sedini mungkin adalah dengan memulai dari jenis olahraga bermain, olahraga hobby yang menyenangkan, sehingga membuat mereka juga tidak merasa terbebani saat melakukan aktivitas fisik tersebut, misalnya dengan bermain bola, senam, basket, voli atau juga bulu tangkis. Karena ini termasuk olahraga permainan yang disukai oleh banyak orang.

Manfaat Dalam Membangun Kebiasaan Olahraga Anak

Sudah banyak yang tahu bahwa olahraga ini pada dasarnya adalah sebuah kegiatan yang memberikan begitu banyak manfaat bagi tubuh, tak hanya bagi orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Tentunya dengan sedini mungkin menimbulkan kebiasaan olahraga pada buah hati, maka nantinya akan memberikan banyak manfaat, diantaranya adalah:

  1. Membantu meningkatkan rasa percaya diri, jika mereka terbiasa dalam berolahraga, serta juga berani unjuk kemampuan di depan umum, pastinya bagus untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang dimiliki, apalagi jika sampai mau untuk ikut berkompetisi dalam sebuah ajang tertentu.
  1. Sarana untuk bersosialisasi dengan teman sebaya, dengan berolahraga, apalagi jenis olahraga yang berkelompok, nyatanya sangat bagus bagi buah hati, karena akan membantu mereka untuk bisa meningkatkan kemampuan berbaur dengan yang lain, sehingga nantinya si kecil tidak aka menjadi pribadi yang individualis, hanya berdiam diri di rumah tanpa mau berbaur.
  1. Menjaga badan agar tidak mudah sakit, olahraga yang dilakukan secara terus-menerus atau rutin nantinya akan membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga buah hati tidak akan mudah terserang penyakit. Tentunya jika buah hati sehat maka bunda akan menjadi lebih tenang bukan.
  1. Meningkatkan kecerdasan mereka, ternyata ada hubungan yang erat kaitannya antara aktivitas fisik seperti olahraga ini dengan kecerdasan buah hati. Karena ternyata olahraga bagus untuk meningkatkan konsentrasi mereka serta manajemen waktu dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Itulah mengapa sebenarnya hal ini sangat bagus untuk membantu optimalkan kecerdasan buah hati.

Beragam Jenis Olahraga Ideal Untuk Anak

Tentunya dari sekian banyak jenis olahraga anak yang ada, belum tentu semuanya akan pas dan aman dimainkan oleh buah hati bukan. Berikut ini diantaranya ada alternatif atau pilihan jenis olahraga yang paling ideal bagi buah hati Anda, yaitu:

  1. Lari, bisa diawali dengan jenis olahraga yang mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang, yaitu dengan lari. Ini adalah jenis olahraga dasar yang nyatanya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun jangan paksa buah hati untuk lari dengan jarak di luar kemampuan tubuh mereka, harus mempertimbangkan juga usia si kecil. Lari ini juga akan sangat bermanfaat dalam membangun tulang serta menguatkan otot.
  1. Squat, agar buah hati punya ketahanan atau kekuatan tubuh yang bagus, maka salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah squat, ini dapat dilakukan mulai dari usia dini sampai dengan orang dewasa juga tidak masalah jika ingin melakukan squat. Variasi yang dapat dicoba cukup banyak, dapat dimodifikasi agar nantinya olahraga tersebut tidak tampak membosankan, menjadi lebih menyenangkan.
  1. Yoga, untuk anak-anak perempuan yang mungkin lebih senang dengan alternatif olahraga yang tenang, tentunya olahraga yoga ini dapat dipilih. Karena juga sangat bagus untuk menenangkan pikiran, kemudian juga dapat meningkatkan fleksibilitas sampai dengan kekuatan otot. Bagus dilakukan apalagi ketika mereka sedang dalam masa yang tertekan, karena dapat mengobati stress.
  1. Sepak bola, jenis olahraga bermain semacam ini banyak yang menyukainya khususnya adalah anak-anak, karena memang dimainkan bersama dengan teman-teman yang lain. Sehingga bagus untuk kegiatan sosialisasi mereka. Melatih kerja dalam tim, kemampuan dalam koordinasi dan juga kekuatan badan.
  1. Bersepeda, Anda juga dapat mengajak buah hati untuk bersepeda bersama, biasanya dengan bersepeda bersama orang tuanya maka akan terasa jauh lebih menyenangkan. Apalagi manfaat yang didapatkan dari jenis olahraga yang satu ini juga sangat banyak, seperti diantaranya adalah membantu dapat memperkuat otot kaki, menjaga kebugaran jantung, melatih keseimbangan, fleksibilitas dan sejenisnya.
  1. Renang, olahraga renang ini termasuk banyak peminatnya, karena memang menyenangkan, terasa seperti bermain air. Bahkan sebenarnya renang dapat mulai diajarkan kepada buah hati sejak mereka masih bayi. Tujuannya adalah untuk membantu mengajarkan mereka agar tidak takut air, sekaligus juga akan ada banyak manfaat yang dirasakan oleh si kecil, sehingga tidak perlu khawatir.

Buat Anak Menjadi Lebih Bahagia Dengan Bergabung Bersama BOKS Indonesia

Sekarang ini sudah ada program BOKS yang sebelumnya diprakarsai oleh Amerika, namun juga sudah hadir di Indonesia besutan dari Wahana Visi Indonesia. Dimana dalam program yang satu ini memang ditujukan untuk mengajak anak-anak bisa hidup lebih bahagia, di tengah pengaruh gadget atau teknologi yang berkembang saat ini. Mengajak mereka untuk hidup secara tradisional dengan melakukan permainan-permainan yang dapat meningkatkan aktivitas fisik

Anda sendiri juga bisa ikut bergabung, karena akan ada banyak ilmu yang dipelajari dari sini, seperti lebih mengenal tentang permainan anak yang ideal dan bagus untuk mereka, olahraga anak sampai dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya untuk buah hati Anda. Bagaimanapun juga buah hati layak untuk mendapatkan yang terbaik, aktivitas yang mampu untuk memicu kecerdasan mereka, selain itu hal yang tidak kalah penting adalah membiasakan mereka untuk tidak sekedar bermain gadget, melainkan juga harus bisa bersosialisasi dengan orang lain di luar sana. Karena kebanyakan anak zaman sekarang memang punya tingkat individualis yang tinggi.