Permainan Anak Di Rumah Untuk Menghabiskan Waktu Dengan Keluarga

Dapatkan inspirasi permainan anak di rumah yang menyenangkan untuk digunakan menghabiskan waktu bersama keluarga di AnakBoks. Dengan mendaftar secara gratis.

AnakBoks - Sekarang ini anak-anak sudah mempunyai gadget yang membuatnya bahkan bisa kecanduan gadget dari kecil. Gadget diberikan pada anak karena memang menjadi tempat yang digunakan untuk mendapatkan beragam informasi yang dibutuhkan, akan tetapi ketika tidak diatur penggunaannya bisa membuat anak ketagihan gadget yang membuatnya malas beraktivitas lainnya. Oleh karena itulah sebagai orangtua perlu untuk selalu menyempatkan untuk bermain dengan anak ketika ada di rumah. Banyak jenis permainan anak di rumah yang bisa dilakukan, sehingga bisa menghangatkan hubungan keluarga.

Manfaat Bermain Bersama Anak

Ketika mempunyai waktu bersama anak, hindari tenggelam dalam kesibukan masing-masing. Di mana orangtua sibuk dengan pekerjaannya di rumah dan anak yang sibuk bermain di gadgetnya ataupun hal lainnya yang dilakukan. Ketika mempunyai waktu bersama-sama tersebut, sebaiknya dihabiskan untuk melakukan kegiatan bersama-sama. Dengan bermain bersama akan bisa bermanfaat untuk perkembangan sosial dan emosional bagi anak sendiri. Bermain bagi anak merupakan hal yang penting karena bisa memberikan manfaat yang beragam untuk mengembangkan beberapa kemampuan berikut ini:

  • Bermain bisa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, negosiasi, dan juga kerjasama yang dipunyai oleh anak.
  • Bermain bisa mengajarkan anak untuk menghargai perbedaan, dapat mengontrol emosi, memahami aturan, dan juga bisa menerima kekalahan ketika kalah ketika sedang bermain sehingga bisa menumbuhkan jiwa sportif.
  • Bermain juga bisa menjadi cara untuk membantu mengelola emosi yang dipunyai. Sehingga dengan orangtua yang melakukan kegiatan ini akan bisa memantau dan memberikan nasihat untuk pengelolaan anak yang dipunyai.
  • Bermain dapat untuk mengatasi stress, kecemasan, hingga dapat meningkatkan kepercayaan diri yang dipunyai anak.
  • Bermain bisa membantu untuk mengenal peran sosial, menumbuhkan empati, serta akan lebih terbuka dan peka terhadap perasaan orang lain.
  • Bermain juga bisa mengembangkan keterampilan fisik, kognitif, sosial, serta emosional yang akan sangat bermanfaat untuk masa depan yang dipunyai.

Dengan beragam manfaat yang penting bagi anak seperti di atas, maka orangtua perlu untuk menghadirkan perannya dalam peran yang penting tersebut. Seperti dengan memulai menghabiskan waktu bersama dengan anak melakukan permainan utamanya yang bisa bermanfaat dan mendidik bagi anak. Pilih permainan yang menguntungkan untuk kemampuan anak seperti di atas dan bisa untuk menjadi sarana untuk bisa meningkatkan hubungan atau digunakan sebagai bonding terbaik antara hubungan orangtua dan anak dengan cara simple yaitu cukup dengan bermain bersama.

Memilih Permainan Sesuai Usia

Saat ingin bermain bersama anak di rumah, hal penting yang perlu diketahui adalah dengan memilih permainan yang sesuai dengan usianya. Sehingga hal ini akan bisa memberikan manfaat masing-masing tergantung dari masa tumbuh kembang anak dengan memilih permainan yang tepat sesuai usia yang dipunyai anak Anda. Beberapa pertimbangan untuk memilih permainan yang sesuai dengan usia anak adalah berikut ini:

  • Bagi usia `1 hingga 2 tahun tentunya belum banyak permainan yang bisa dipilih oleh orangtua. Pada usia ini anak bisa diberikan permainan yang menyenangkan seperti cerita bergambar, mendengarkan musik dan lagu, serta juga bermain alat gambar. Usia anak 1 hingga 2 tahun ini bisa diajarkan mengenai banyak objek dengan bermain seperti bermain boneka, pura-pura telepon, serta memberikan mainan dengan objek tertentu.
  • Bagi usia 2 hingga 3 tahun merupakan usia yang sudah mulai berkembang, sehingga penting untuk memberikan permainan yang bisa mengasah otak anak. Pada usia 2-3 tahun ini anak bisa diberikan permainan lego, puzzle sederhana, furniture, alat transport, set konstruksi, pasir atau air, dan juga permainan yang mempunyai bentuk dan warna.
  • Bagi usia 3 hingga 5 tahun merupakan waktu yang cocok untuk memberikan jenis mainan yang membutuhkan aturan. Seperti dengan memberikan puzzle, ular tangga, petak umpet, dan juga lainnya untuk mengenalkan mengenai aturan dan menunggu giliran bermain.
  • Bagi usia sekolah bisa mengajak anak untuk bermain yang bisa mengasah kecerdasan dan kreatifitasnya seperti catur, sepeda, lompat tali, sepak bola, dan lainnya.

Tips Bermain Bersama Anak Di Rumah

Selain memilih permainan anak di rumah yang disesuaikan dengan usia dan juga kesukaannya, akan lebih baik untuk menerapkan aturan dan tips agar bisa bermain dengan menyenangkan bersama anak di rumah seperti berikut ini:

  • Tips pertama yang bisa digunakan adalah anak-anak bisa bermain ketika sudah melakukan sesuatu terlebih dahulu. Sehingga bermain merupakan hadiah yang bisa didapatkan ketika sudah menyelesaikan pekerjaan tertentu. Hal ini juga bisa mengajarkan pada anak mengenai tanggung jawab sedari dini. Seperti misalnya anak bisa bermain setelah merapikan tempat tidur, bermain di luar ketika sudah merapikan permainannya dengan mengembalikannya ke keranjang mainan, dan juga berbagai aturan lainnya yang menjadikan mainan sebagai reward.
  • Tips yang bisa digunakan selanjutnya adalah memilih permainan anak di rumah yang ditentukan oleh anak sendiri. Memberikan anak kebebasan akan bisa membuatnya berpikir kreatif dan bisa menentukan keputusan. Sehingga dengan mengizinkan anak menentukan pilihan permainan yang akan dimainkan akan bisa membuat kreatifitasnya menjadi lebih terasah. Selain tentunya anak yang lebih semangat karena bermain jenis mainan yang disukai bersama orangtuanya.
  • Tips penting yang perlu dilakukan agar bermain bersama anak di rumah semakin menyenangkan adalah dengan melibatkan anggota keluarga secara keseluruhan. Sehingga tidak hanya salah satu orangtua saja, tetapi juga kedua orangtua dan juga dengan adik atau kakak yang dimiliki. Ajak juga anggota keluarga yang ada di rumah sehingga bisa membangun kehangatan bersama keluarga dengan melakukan kegiatan bersama-sama.
  • Tips terakhir adalah dengan tetap mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan ketika melakukan permainan di rumah. Pastikan untuk menerapkan pengajaran untuk bertanggung jawab menjaga kebersihan utamanya setelah selesai bermain seperti dengan membereskan mainan yang dipunyai. Selain itu juga bisa mengajarkannya dengan mengganti baju dan mandi ketika memilih permainan yang melibatkan aktivitas fisik di rumah.

Permainan Anak Di Rumah Yang Menyenangkan

Adapun berbagai jenis permainan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga adalah sebagai berikut:

  • Bermain tebak kata merupakan jenis permainan yang cocok untuk usia 2-5 tahun.
  • Bermain puzzle dengan merangkai potongan gambar bersama anak.
  • Bermain bola, mobil-mobilan, serta masih banyak lainnya yang sesuai dengan mainan yang disukai anak.
  • Mengajak anak berkebun dan memasak juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan di rumah bersama anak.
  • Perkenalkan permainan tradisional yang bisa dilakukan seperti engklek, egrang, gobag sodor, dan masih banyak lainnya.

Dapatkan inspirasi permainan anak lain yang menyenangkan untuk digunakan menghabiskan waktu bersama keluarga di AnakBoks. Dengan mendaftar secara gratis, Anda akan mendapatkan akses untuk berbagai permainan yang tidak hanya menyenangkan dicoba tetapi juga sehat karena merupakan kegiatan aktivitas fisik yang cocok untuk anak-anak segala usia. Program AnakBoks ini bisa menjadi pilihan sehat untuk menghabiskan waktu bersama anak sekaligus bisa mengajarkannya untuk aktif bergerak dengan tidak hanya terpaku pada gadget.