Mengenal Pengertian Dan Jenis Kemampuan Gerakan Motorik Lebih Dalam

Agar mempunyai kemampuan gerakan motorik yang baik bisa untuk melatihnya dari kecil sehingga akan membantu untuk mempunyai perkembangan kemampuan motorik yang..

AnakBoks - Kemampuan motorik atau gerak adalah perkembangan unsur kematangan yang meliputi banyak hal. Kemampuan ini akan berkembang seiring dengan usia yang dipunyai dan perlu untuk dikembangkan dari kecil. Agar mempunyai kemampuan gerakan motorik yang baik bisa untuk melatihnya dari kecil sehingga akan membantu untuk mempunyai perkembangan kemampuan motorik yang baik bisa dipunyai.

Pengertian Kemampuan Gerakan Motorik

Kemampuan motorik merupakan hasil yang dilakukan ketika seseorang bergerak. Sehingga dapat dikatakan ketika seseorang mempunyai gerakan yang baik maka hal tersebut membuktikan bahwa mempunyai kemampuan motorik yang baik. Sebaliknya apabila tidak bisa melakukan gerakan yang sederhana, maka membuatnya tidak mempunyai kemampuan motorik yang berkembang. Di mana untuk gerakan motorik tersebut tidak hanya untuk kegiatan sehari-hari tetapi juga kegiatan olahraga yang juga membutuhkan pergerakan yang bisa dilakukan. 

Kemampuan motorik sendiri dapat diartikan sebagai perkembangan untuk mengendalikan dan melakukan gerakan tubuh baik itu untuk keterampilan motorik dan juga untuk kontrol motorik. Keduanya diperlukan yang bisa memberikan manfaat untuk membuat tubuh lebih sehat, karena kesehatan bisa didapatkan dengan melakukan aktivitas fisik. Kemampuan motorik ini dapat dilakukan sedari dini utamanya anak-anak di mana perlu untuk mengembangkan kemampuan motorik, kognitif, sosial, emosi, moralitas, dan juga kepribadian yang bisa ditanamkan sedari dini.

Fungsi Kemampuan Gerakan Motorik

Mengapa kemampuan motorik sendiri perlu untuk dikembangkan? Jawaban dari pertanyaan tersebut tentunya sangat mudah seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kemampuan ini diperlukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Di mana dengan mempunyai kemampuan motorik yang berkembang dengan baik akan bisa memberikan banyak sekali fungsi yang bisa didapatkan yaitu sebagai berikut ini:

  • Fungsi perkembangan motorik adalah dapat untuk menjadi tanda kesehatan fisik yang dipunyai. Sehingga apabila pertumbuhannya dapat berkembang dengan normal maka menandakan kesehatan fisik yang baik dan bisa untuk melakukan kegiatan dengan maksimal.
  • Fungsi selanjutnya juga bisa untuk melakukan katarsis emosional sehingga bisa melepaskan emosi yang tertahankan. Hal ini juga bisa membantu untuk melepaskan ketegangan yang ada di dalam tubuh sehingga akan membuat Anda lebih rileks.
  • Fungsi lainnya juga bisa untuk mengembangkan fisik motorik sehingga bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih mandiri.
  • Fungsi gerakan motorik yang berkembang dengan baik dapat untuk melakukan hobi yang dipunyai dengan senang dan menyenangkan.
  • Fungsi lainnya juga bisa membantu untuk memudahkan bersosialisasi karena bisa bermain dengan teman sebaya karena tidak mempunyai hambatan fisik motorik sehingga kesulitan untuk bermain bersama dengan teman lainnya.
  • Fungsi lainnya yaitu dapat menumbuhkan perasaan yang aman dan bisa lebih percaya diri. Hal ini akan membuat anak yang mempunyai kemampuan motorik yang baik dapat bisa untuk tumbuh dengan lebih positif dengan perasaan aman yang dipunyai.

Jenis Kemampuan Gerakan Motorik

Sebelum mengenal bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan motorik, sebelumnya bisa untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis kemampuan motorik yang dipunyai. Dimana kemampuan motorik sendiri bisa dibedakan dari beberapa jenis. Untuk perbedaan pertama dari kemampuan ini yang membedakannya menjadi tiga jenis yang bisa dijelaskan dengan lengkap seperti berikut ini:

  • Pertama adalah kemampuan lokomotor yang merupakan keterampilan untuk menggerakkan individu dari satu tempat ke tempat lainnya. kemampuan ini bisa digunakan untuk mengangkat tubuh yang bisa dilakukan dengan contohnya melompat atau meloncat. Sehingga dengan mempunyai kemampuan ini dapat digunakan untuk berlari, melompat, berjalan, meluncur, dan berbagai macam lainnya.
  • Kedua yaitu kemampuan nonlokomotor yang bisa dilakukan di tempat. Jenis kemampuan ini juga disebut dengan keterampilan stabilitas dasar yaitu untuk meminimalisir gerakan dari landasan. Di mana untuk kemampuan ini bisa digunakan untuk menekuk, mendorong, mengangkat, menurunkan, melipat, melingkar, dan masih banyak lainnya.
  • Ketiga yaitu kemampuan manipulatif yang bisa digunakan untuk menguasai macam obyek. Kemampuan ini digunakan untuk reseptif dan propulsi yang meliputi kegiatan seperti menangkap, menerima bola, melempar, memukul, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, golongan lainnya dari gerakan motorik yang perlu dikenali adalah sebagai berikut:

  • Keterampilan pertama adalah terbuka dan tertutup yaitu kemampuan yang bisa digunakan untuk lingkungan yang sesuai dengan kebutuhannya. Seperti keterampilan terbuka untuk di lingkungan yang berubah, sedangkan kemampuan tertutup yang bisa digunakan untuk lingkungan yang stabil.
  • Keterampilan selanjutnya adalah distrik, kontinu, dan serial yang merupakan keterampilan yang bisa untuk mempunyai gerakan singkat, keterampilan yang berkesinambungan, dan keterampilan baru yang digabungkan.
  • Keterampilan gerak kasar dan halus merupakan kemampuan yang melibatkan otot besar dan menggunakan otot kecil untuk dapat membuat gerakan yang diinginkan bisa tercapai.
  • Keterampilan gerak kognitif merupakan kemampuan yang bisa untuk membuat keputusan penting, sehingga akan melakukan gerakan yang bisa untuk melakukan hal yang diinginkan.

Cara Meningkatkan Kemampuan Gerakan Motorik

Jenis perkembangan motorik yang paling banyak diketahui sendiri ada dua yaitu motorik kasar dan halus. Di mana untuk perbedaan dari dua hal tersebut adalah bisa untuk mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan. Serta yang paling penting adalah bisa untuk mengembangkannya dari dini sehingga mempunyai perkembangan gerakan motorik yang terbaik dan bisa diandalkan untuk melakukan berbagai hal.

Adapun untuk cara mengembangkan kemampuan motorik kasar bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut:

  • Pelatihan yang bisa dilakukan untuk motorik kasar anak agar memberikan hasil yang optimal ini disesuaikan dengan usia.
  • Perkembangan motorik kasar untuk bayi bisa dilakukan dengan berbaring, tengkurap, mau mundur, dan juga bisa mulai mengajarkan bayi untuk merangkak.
  • Perkembangan motorik kasar untuk anak usia balita bisa untuk diajarkan dengan melemparkan bola, menendang bola, naik turun tangga, dan juga lainnya.
  • Perkembangan motorik kasar untuk anak di atas 5 tahun bisa dengan bermain kasti, lompat tali, menari, dan lainnya.

Sedangkan untuk perkembangan motorik halus bisa dikembangkan dengan cara berikut ini:

  • Perkembangan bisa dilakukan dengan mengkoordinasi organ tubuh dan gerakan kecil yang dilakukan.
  • Perkembangan untuk usia 12 hingga 18 bulan bisa dilakukan dengan bermain untuk menyusun balok.
  • Perkembangan untuk usia 2 hingga 3 tahun bisa diajarkan dengan bermain adonan, pasir, dan puzzle.
  • Untuk anak usia 5 tahun bisa diajarkan untuk bermain puzzle dengan lebih banyak potongan.

Meningkatkan kemampuan gerakan motorik bisa dilakukan sedari dini sehingga bisa mengajarkan anak untuk melakukan kegiatan yang bisa merangsang saraf motoriknya bisa bekerja dengan baik. Dapatkan kemampuan untuk bisa mempunyai kemampuan motorik yang meningkat tersebut dengan gerakan yang bisa diikuti dari program AnakBoks. Daftar program AnakBoks sekarang juga sehingga bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan motorik anak dengan lebih baik sesuai usianya dengan banyaknya pilihan dan program yang tersedia.