Ide Kegiatan Di Rumah Yang Seru & Bisa Dilakukan Bersama Keluarga

Selain ide tentang kegiatan di rumah juga ada banyak edukasi lain tentang permainan anak yang bisa diterapkan oleh orang tua dalam rumah tangga nantinya.

AnakBoks - Kebanyakan orang tua saat ini, apalagi yang sibuk dengan rutinitas di tempat kerja dari Senin sampai dengan Jumat, memang kerab kali jarang berkumpul dengan anggota keluarga yang lainnya. Mereka baru bisa berkumpul pada saat weekend saja, manfaatkan waktu yang dimiliki tersebut untuk membangun kegiatan di rumah bersama dengan buah hati. Karena bagaimanapun penting untuk tetap menjalin kedekatan dengan mereka.

Manfaat Family Time Dengan Keluarga

Family time atau yang dikenal juga sebagai waktu bersama keluarga adalah waktu yang dihabiskan untuk berkumpul dengan anggota keluarga yang lain. Yaitu untuk membantu membangun hubungan agar lebih dekat antara satu sama lain, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya family time ini, diantaranya adalah:

  1. Mempererat ikatan keluarga, manfaat yang pertama tak lain pastinya akan sangat berguna untuk membantu pererat ikatan keluarga, apalagi yang jarak bertemu dan baru bertemu hanya pada saat weekend saja, maka hal ini akan sangat bermanfaat. Dimana buah hati akan merasa lebih dicintai oleh orang tuanya serta sebaliknya. Hubungan keluarga nantinya tidak akan menjadi renggang.
  1. Membantu untuk mengajarkan nilai-nilai yang baik kepada buah hati, karena memang Anda sendiri jadi punya lebih banyak waktu yang dihabiskan dengan si kecil. Maka dalam moment yang satu ini nantinya dapat mengajarkan hal-hal yang baru kepada mereka dibarengi dengan kegiatan bermanfaat seperti membacakan dongeng dengan pesan moral atau yang lainnya.
  1. Menjadi lebih mengerti satu sama lain, jika tidak ada waktu yang digunakan untuk berkumpul, bahkan untuk sekedar melakukan kegiatan di rumah tentunya akan sulit bukan mengerti keadaan antara anggota yang satu dengan yang lain. Itulah mengapa pentingnya berkumpul bersama sehingga nantinya bisa saling memahami lewat kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersama tersebut.
  1. Dapat dijadikan sebagai tempat mengutarakan perasaan, sebenarnya dengan adanya kegiatan family time ini sendiri maka bisa dijadikan sebagai tempat curhat, yaitu untuk mengutarakan perasaan antar anggota keluarga yang lain, sharing dan berbagi pendapat.
  1. Dapat meningkatkan kesehatan mental, ada banyak permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak, namun karena tidak ada orang tua yang dapat diajak curhat, terkadang membuat mereka menjadi menyimpan masalah sendiri, lama kelamaan kesehatan mental yang akan terganggu.

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Family Time

Ketika sedang family time di rumah, terkadang suasana menjadi kurang enak karena mungkin ada pembahasan yang sensitif atau dikarenakan oleh perilaku orang tua sendiri yang tidak diharapkan oleh buah hati. Untuk itu maka berikut ini ada beberapa hal yang patutnya dihindari saat sedang berkumpul bersama dengan keluarga, yaitu:

  1. Bermain gadget sendiri, sering kali ketika sedang melakukan kegiatan di rumah bersama dengan keluarga maka ada salah satu yang sibuk dengan gadgetnya sendiri. Hal inilah yang kerab kali menimbulkan perpecahan atau masalah dalam keluarga, itulah mengapa penting sekali menyimpan gadget Anda terlebih dahulu.
  1. Hendaknya jangan menyinggung kehidupan pribadi orang lain, apalagi jika seandainya topik obrolan tersebut nantinya sudah beralih pada gosip. Ini sebaiknya tidak dilakukan bersama dengan buah hati. Karena merupakan perilaku yang tidak baik serta kelak bisa saja akan mereka contoh.
  1. Meninggalkan acara secara mendadak untuk berkumpul bersama dengan teman, biasanya karena mendapat panggilan dari teman untuk keluar, maka banyak orang tua yang secara tiba-tiba meninggalkan kegiatan dengan keluarga, hal ini bisa saja akan melukai perasaan buah hati Anda.
  1. Terlalu membanding-bandingkan, apalagi jika membandingkan antara satu anak dengan yang lainnya, hal ini akan melukai perasaan buah hati. Padahal sebenarnya setiap anak punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ide Kegiatan Di Rumah Bersama Anak Yang Menyenangkan

Agar family time bersama dengan buah hai Anda nantinya menjadi semakin menyenangkan, maka berikut ini ada beberapa ide kegiatan yang patut untuk dicoba, yaitu:

  1. Menonton TV bersama, kegiatan menyenangkan dan juga santai untuk dilakukan bisa dengan menonton TV, khususnya adalah acara yang disukai oleh buah hati, biasanya kegiatan yang satu ini akan semakin membangun keakraban antara satu sama lain.
  1. Piknik di pekarangan rumah, jika Anda punya pekarangan rumah yang cukup luas, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan hal tersebut dipakai piknik bersama, karena pastinya akan sangat seru. Cari sensasi yang berbeda, dengan menggelar tikar kemudian membawa makanan kesana sambil mengajak buah hati Anda untuk lebih mengenal alam.
  1. Menanam bunga bersama, Anda juga dapat mencoba kegiatan lain seperti diantaranya adalah berkebun, karena pastinya buah hati juga akan suka, apalagi dengan belajar banyak hal tentang tanaman serta bagaimana cara untuk merawatnya. Ini juga akan menimbulkan rasa empati buah hati terhadap tumbuhan.
  1. Olahraga bersama, seperti diantaranya dengan aerobik atau mungkin juga yoga bersama buah hati, kegiatan fisik tersebut akan terasa jauh lebih menyenangkan memang jika dilakukan dengan keluarga. Selain itu juga membiasakan diri atau mengajari buah hati untuk bisa hidup lebih sehat dengan olahraga.
  1. Membuat kerajinan tangan bersama, untuk mengajarkan atau meningkatkan kreatifitas buah hati, maka nantinya orang tua juga dapat menunjangnya dengan mengajak mereka prakarya sendiri, yaitu membuat sesuatu yang kreatif, seperti diantaranya adalah kerajinan tangan dengan barang bekas maupun yang lainnya.
  1. Bermain dengan hewan kesayangan, jika di rumah ada hewan peliharaan seperti kucing ataupun yang lainnya, maka ini juga bisa menjadi saat yang menyenangkan bermain bersama dengan mereka, termasuk mungkin memandikannya dan sebagainya, sehingga juga bisa meningkatkan rasa kasih atau cinta dengan hewan.

Manfaat Bergabung Dengan BOKS Indonesia

Sebagai orang tua baru yang mungkin masih awam dengan kegiatan apa yang paling pas dilakukan dengan buah hati untuk membantu membangun keakraban dan sebagainya, maka tak ada salahnya bergabung bersama Boks Indonesia, ini adalah sebuah program yang akan membantu mengajari buah hati untuk mengembangkan kebiasaan sehat, ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan bergabung kesini seperti diantaranya adalah:

  1. Mendapatkan pelatihan mengenai berbagai kegiatan kreatif yang bisa dilakukan bersama dengan buah hati.
  1. Membantu Anda untuk berbagi ilmu juga jika ingin ikut serta menjadi tenaga pelatih atau volunteer disini, sehingga bisa lebih bermanfaat bagi yang lainnya.
  1. Membantu untuk menilai atau mengetahui potensi buah hati serta apa yang dapat mereka kembangkan untuk masa depan.
  1. Pemilihan asupan makanan yang sehat untuk buah hati guna menunjang perkembangan otak secara optimal.

Tak perlu khawatir karena program yang satu ini gratis. Selain ide tentang kegiatan di rumah juga ada banyak edukasi lain tentang permainan anak yang bisa diterapkan oleh orang tua dalam rumah tangga nantinya. Belajar untuk menjadi orang tua yang terbaik bagi buah hati.