Ini Dia Ide Permainan Lapangan Yang Bisa Dicoba

Banyak sekali jenis permainan lapangan yang bisa dicoba untuk bisa dilakukan bersama dengan keluarga, teman-teman sebaya, dan juga kegiatan outing kantor...

AnakBoks - Ketika sedang berada di luar ruangan, akan bisa digunakan untuk bermain permainan. Di mana banyak sekali jenis permainan lapangan yang bisa dicoba untuk bisa dilakukan bersama dengan keluarga, teman-teman sebaya, dan juga kegiatan outing kantor dengan sesama karyawan lainnya misalnya. Contoh ide permainan outdoor yang bisa digunakan untuk melatih kekompakan sekaligus dapat menjadi permainan seru untuk menghabiskan waktu adalah berikut ini.

Permainan Lapangan Ular Naga

Jenis permainan pertama yang bisa digunakan ketika bermain di luar adalah ular naga. Jenis permainan ini bisa digunakan untuk bermain bersama dari berbagai usia dari anak kecil hingga orang dewasa. Ular naga sendiri merupakan ide permainan untuk acara kumpul yang banyak diketahui, sehingga tidak perlu untuk menjelaskannya dengan ribet karena banyak orang yang sudah mengerti mengenai aturan dari permainan ini. Di mana permainan ular naga ini bisa dilakukan dengan membagi kelompok yang mempunyai jumlah yang sama. Selanjutnya tiap kelompok akan mengular ke belakang dan cara permainannya adalah memangsa ekor ular kelompok lain untuk bisa menang dalam permainan.

Permainan Lapangan Kata Berantai

Jenis permainan selanjutnya yang bisa dipilih untuk melatih kekompakan dan juga bersenang-senang untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga adalah permainan kata berantai. Permainan yang satu ini bisa untuk mengetes mengenai daya ingat yang dipunyai oleh pesertanya. Di mana untuk cara permainannya adalah dengan membisikkan kalimat ke orang yang paling depan dan berusaha untuk menyampaikannya dengan berbisik-bisik hingga ke orang belakang. Apabila peserta paling belakang bisa benar untuk menyebutkan kalimat yang diberikan, maka kelompok tersebut bisa menang.

Permainan Lapangan Bola Estafet

Jenis permainan selanjutnya yang cocok untuk dilakukan di lapangan adalah bola estafet. Seperti namanya, permainan kelompok ini melibatkan bola yang akan bisa untuk dioper dan diberikan pada anggota kelompok yang dipunyai. Cara permainan bola estafet ini adalah dengan membagi tim dan menggunakan alat seperti sendok yang ada di mulut. Bola yang digunakan untuk bisa dipindahkan tersebut adalah bola yang mempunyai ukuran kecil sehingga akan muat di sendok dan bisa dipindahkan ke anggota tim lainnya dengan mudah, sehingga menggunakan bola pingpong. Bola pingpong tersebut dipindahkan hingga ke anggota kelompok yang paling terakhir. Di mana yang paling cepat maka yang akan menjadi tim pemenangnya.

Permainan Lapangan Find Your Family

Jenis permainan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah Find Your Family. Permainan ini merupakan fun game yang bis digunakan untuk berbagai acara. Tujuan permainan ini dapat untuk melatih konsentrasi pesertanya, dapat melatih kekompakan, kesabaran, bisa lebih fokus sehingga perlu menggunakan indra pendengaran lebih efektif, serta perlu untuk mempunyai daya ingat yang baik sehingga kelompoknya bisa menang. Alat yang perlu disiapkan untuk permainan ini adalah penutup mata dan tali rafiah untuk pembatas.

Cara kerja dari permainan Find Your Family ini sendiri cukup mudah yaitu dengan mencari anggota keluarganya yang ada di area yang sudah ditentukan dengan menatap mata. Untuk lebih mudah menemukan anggota keluarga dan membuat permainan lebih seru, biasanya peserta akan menggunakan kode sehingga bisa menemukan anggotanya seperti dengan bunyi binatang yang sama dengan anggota kelompoknya.

Permainan Lapangan Lifting Water

Jenis permainan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah permainan lifting water. Permainan ini mempunyai manfaat untuk dapat bisa membangun kerjasama dengan tim lebih baik, dapat untuk melatih anggota menjadi lebih kompak, dapat lebih berhati-hati, melatih kesabaran, membuat strategi tim lebih baik agar bisa menang, sekaligus dapat untuk membangun semangat kompetisi. Peralatan yang digunakan untuk permainan ini adalah tongkat pramuka dan ember yang berisi air.

Cara permainan lifting water ini adalah dengan membagi dalam regu atau kelompok, kemudian dalam satu kelompok tersebut mendapatkan satu tongkat pramuka. Satu regu tersebut mengangkat ember yang berisi air di jarak yang telah ditentukan dan pemenangnya akan ditentukan dari kelompok yang sampai terlebih dahulu di titik finish dan juga dari air yang paling banyak tersisa tentunya.

Permainan Lapangan Menara Manusia

Permainan selanjutnya yang bisa dilakukan di luar ruangan adalah menara manusia. Jenis permainan ini bisa digunakan untuk bisa melatih kerjasama tim, dapat melatih kekompakan tim, menumbuhkan sikap rela berkorban, dan juga dapat untuk mengatur strategi yang baik untuk mencapai tujuan kemenangan tim. Di mana untuk cara permainan ini adalah dengan bekerjasama dengan kelompok yang telah dibagi sebelumnya. Selanjutnya cukup untuk membuat menara manusia yang paling tinggi dengan strategi yang ditentukan oleh timnya. 

Untuk melakukan permainan ini tidak diperkenankan untuk menggunakan alat dan dibatasi dengan waktu permainan sesuai dengan ketentuan. Pemenang permainan menara manusia ini sendiri adalah yang paling tinggi sehingga bisa menjadi pemenang.

Permainan Lapangan Human Ladder

Jenis permainan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah human ladder yaitu dapat untuk melewati tongkat yang dibuat menjadi jembatan, tetapi yang membedakannya adalah tongkat tersebut yan dipegang oleh masing-masing anggota. Human ladder ini merupakan permainan yang dapat untuk melatih kepercayaan dengan tim, dapat melatih tanggung jawab, kelincahan, kekuatan, serta juga dapat untuk menentukan untuk membuat strategi yang baik dengan tim. Alat yang digunakan tentunya balok kayu atau tongkat bambu. 

Untuk cara permainannya adalah dengan membagi kelompok, menentukan start dan fisik, dan menunjuk satu orang penyeberang yang biasanya dipilih karena mempunyai berat badan yang ringan dan juga lincah. Kemudian masing-masing anggota akan memegang balok kayu dan saling dieratkan sehingga bisa membuat penyeberang bisa melewatinya dari atas hingga ke garis finish. 

Permainan Lapangan Mencari Harta Karun

Permainan selanjutnya yang bisa dilakukan ketika berada di lapangan yang luas adalah dengan mencari harta karun. Apabila tempat tersebut mempunyai banyak spot maka bisa digunakan untuk menyembunyikan harta karun sehingga bisa ditemukan oleh kelompok. Tujuan dari permainan ini dapat membantu untuk melatih kewaspadaan dan juga menentukan strategi yang lebih baik agar bisa bekerjasama dengan kelompok. 

Alat yang digunakan tentunya karton yang dipotong dan ditulis dengan hal tertentu yang akan disembunyikan dalam harga karun maupun dapat untuk petunjuk. Pemenang dari permainan mencari harta karun ini tentunya yang paling banyak menemukan harta karun atau bisa berhasil untuk menebak petunjuk yang diberikan sehingga akan mendapatkan harta karun yang disiapkan.

Selain berbagai ide permainan lapangan di atas, ada masih banyak jenis permainan lainnya yang bisa dilakukan. Di mana untuk menemukan permainan yang dipilih tersebut juga sesuaikan dengan usia anggota yang mengikuti permainannya. Untuk menyiapkan permainan yang kelompoknya adalah anak misalnya pilih permainan yang tidak berbahaya serta cocok untuk anak. Dapatkan berbagai permainan untuk anak tersebut di AnakBoks yang menawarkan program permainan untuk dapat bermain anak sebagai waktu untuk mengisi kegiatan istirahat dan juga melatih kegiatan fisik agar anak tetap sehat.